Jumat, 03 Juni 2016

TUBUHKU....PABRIK REAKSI KIMIA KU..... (PART 1)

Postingan ini disponsori oleh matakuliah Metabolisme Biomolekul yang UTS nya WOW banget disemester 6 ini hehehe :'p :'). Postingan ini saya buat sebagai rangkuman belajar saya sebelum UTS, (Senin, 6 Juni 2016). Jadi, kalau ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan dan dikoreksi agar tidak terjadi miskonsepsi buat para pembaca hehehe. Postingan kali ini akan membahas tentang sistem pencernaan bahan makanan yang kita makan, dan membuktikan betapa hebatnya tubuh kita, seperti pabrik reaksi kimia yang amat teramat sangat kompleks yang telah Tuhan ciptakan. Sebelum membaca postingan ini, mungkin banyak dari kita yang masih bertanya-tanya mengapa manusia diciptakan oleh Tuhan begitu sempurna dan berbeda dengan mahkluk lainnya?. Yuk cus check it out bro, sist haha. 

Manusia tidak bisa hidup apabila ia tidak makan (lah kalo minum doang gimana tuh? hehe). Makan adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup seorang manusia. Tapi jangan lupa minum yaaaaa hoho.

Makanan yang kita makan bermacam-macam. Mulai dari makanan pokok, lauk-pauk, dan makanan tambahan lainnya yang dapat memberikan energi didalam tubuh untuk digunakan saat beraktivitas.

Makanan yang kita makan mengandung zat-zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan beberapa mineral lainnya. Zat-zat tersebut merupakan molekul besar (makro molekul) yang ada didalam makhluk hidup, sehingga disebut juga sebagai Biomolekul. Makromolekul bisa disebut juga dengan polimer. Polimer terdiri dari monomer-monomer penyusunnya.

Karbohidrat tersusun dari monomer-monomernya yaitu monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Monomer-monomer tersebut bergabung akibat adanya ikatan glikosidik atau glikosida antar struktur monomer-monomernya

Lemak atau Lipid tersusun dari monomer-monomernya yaitu trigliserida (gabungan dari asam lemak dan gliserol), steroid, kolesterol, fospolipid dan spingolipid.

Protein tersusun dari monomer-monomernya yaitu asam amino yang bergabung akibat adanya ikatan peptida antara gugus karboksilat dan amina pada asam amino.

Sistem pencernaan pada manusia berperan merombak ketiga molekul diatas (Vitamin dan Mineral mengikuti). Sehingga muncul istilah Metabolisme Biomolekul. Metabolisme Biomolekul berarti proses kimiawi molekul-molekul yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup seperti manusia.

Metabolisme terbagi menjadi dua, yaitu Katabolisme dan Anabolisme.
  1. Katabolisme adalah proses perombakkan atau penguraian dari senyawa makro menjadi senyawa mikro untuk menghasilkan energi berupa ATP (Adenosine Triphospate).
  2. Anabolisme adalah proses pembentukkan senyawa makro dari senyawa mikro dengan bantuan energi berupa ATP.

Biomolekul pada makanan yang kita makan akan dicerna oleh organ sistem pencernaan secara kimiawi.  Proses kimiawi ini bersifat enzimatik yang artinya melibatkan enzim sebagai katalisator proses jalannya metabolisme biomolekul pada makanan. Proses pengolahan biomolekul pada makanan ini mengalami Katabolisme dan Anabolisme.

KATABOLISME DAN ANABOLISME BIOMOLEKUL:
  1. KATABOLISME KARBOHIDRAT
Yap, tidak asing bagi telinga kita mendengar kata karbohidrat. Dalam benak kita terbayang nasi jikalau mendengar karbohidrat. Tentu orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya.
Karbohidrat pada makanan yang kita makan akan mengalami perombakkan melalui proses yang disebut glikolisis yaitu perubahan molekul glukosa (monosakarida 6 Atom C) menjadi 2 molekul asam piruvat (3 atom C) dengan rangkaian reaksi cukup kompleks. Glikolisis hanya dapat berlangsung bagi monosakarida terutama glukosa. Selain glukosa, monosakarida lainnya seperti fruktosa, galaktosa, dan manosa dapat masuk kejalur glikolisis untuk membentuk asam piruvat dan ATP. Namun jalur masuknya yang berbeda dengan glukosa saat memasuki proses glikolisis.

Wah, mulai serius ya wkwkwkwk.

Glikolisis ada dua sifat yaitu aerob dan anaerob. Aerob dengan jumlah oksigen yang mencukupi sehingga berakhir ketika Asam Piruvat terbentuk. Glikolisis anaerob adalah proses glikolisis dengan jumlah oksigen yang kurang mencukupi sehingga Asam Piruvat mengalami proses yang disebut dengan FERMENTASI. Fermentasi ada 2 yaitu fermentasi alkohol (terjadi pada ragi saat pembuatan tape singkong atau tape ketan), dan fermentasi asam laktat yang nantinya digunakan untuk pengembangan sel-sel otot untuk disimpan ketika membutuhkan energi cadangan saat beraktivitas.





GAMBAR: FERMENTASI ASAM LAKTAT
SUMBER: POWERPOINT GLIKOLISIS




GAMBAR: FERMENTASI ALKOHOL
SUMBER: POWERPOINT GLIKOLISIS


Proses glikolisis aerob terbagi menjadi 3 tahap loh yaaaaa, yaitu stage 1, stage 2, dan stage 3. pada stage 1, glukosa akan berubah menjadi glukosa 6 fosfat, lalu menjadi fruktosa 6 fosfat dan terakhir menjadi fruktosa 1,6 bifospat.
pada stage 2, fruktosa 1,6 bifosfat akan membentuk dua jalur penghasil asam piruvat kelak. jalur pertama yakni dengan membentuk gliseraldehid 3 fospat dan jalur kedua dengan membentuk DHAP atau Dihidroksiaseton fospat. Mengapa di stage 2 membentuk dua jalur? Yaaa. Karena pada stage 2 inilah sebagai pintu masuk bagi biomolekul lainnya seperti protein dan lipid untuk masuk ke jalur glikolisis dan membentuk asam piruvat dan berlanjut membentuk asetil Ko-A untuk membentuk ATP pada siklus asam sitrat (Kreb's cycle). DHAP dan Gliseraldehid 3 fospat pada jalur yang berbeda akan membentuk 1,3 Difosfogliserat lalu membentuk 3 Fosfogliserat, lalu menjadi 2 Fosfogliserat dan menjadi Fosfoenolpiruvat serta berakhir dengan membentuk Asam piruvat. (gambar dibawah ini akan menjelaskan bagaimana proses glikolisis berlangsung.




SUMBER: http://biologigonz.blogspot.co.id/2015/09/soal-essay-metabolisme-sel.html



Asam piruvat yang didapatkan hasil glikolisis akan membentuk asetil Ko-A yang menurut saya sebagai The Central of Metabolism karena asetil Ko-A adalah molekul yang menjadi pintu masuk dari Biomolekul (Karbohidrat, Lipid, Protein) sebelum masuk ke siklus Krebs untuk menghasilkan energi (ATP) yang lebih banyak lagi. Selain itu juga ATP akan menjadi molekul awal dalam proses anabolisme karbohidrat, lipid, dan protein kembali. 

It's something unique from the acetyl Co-A because the acetyl Co-A can through the reversible pathways on metabolism of biomolecules (to- or from-).

       2.   ANABOLISME KARBOHIDRAT

Selain glikolisis sebagai katabolisme monosakarida, katabolisme karbohidrat juga terjadi pada polisakarida didalam tubuh yaitu Glikogen. Proses katabolisme Glikogen membentuk Glukosa untuk masuk kedalam jalur Glikolisis dengan membentuk Glukosa 6 Fosfat. proses ini dinamakan dengan Glikogenolisis (Lisis berarti pemecahan, Glikogen ya glikogen atuh hehe). Tujuan dari Glikogenolisis ini adalah memproduksi glukosa ketika kadar glukosa dalam darah rendah sehingga proses glikolisis tetap berlangsung didalam sel. Sebetulnya glukosa yang dihasilkan bukanlah glukosa baru, melainkan glukosa lama yang disimpan sebagai cadangan dalam bentuk glikogen karena glukosa berlebih sehingga mengharuskan ia disimpan sebagai cadangan kelak ia akan dibutuhkan kembali. Proses penyimpanan glukosa berlebih menjadi glikogen ini disebut dengan Glikogenesis. Glukosa juga dapat dibentuk melalui proses anabolisme glukosa yakni reaksi balik dari asam piruvat yang prosesnya disebut dengan Glukoneogenesis (pembentukan glukosa baru)

Jika ternyata masih terdapat molekul karbohidrat yang tersisa dan sudah tidak diperlukan lagi pada proses katabolisme karbohidrat ataupun disimpan dalam bentuk glikogen, maka molekul karbohidrat akan disimpan sebagai cadangan didalam hati dan jaringan adiposa sebagai Lipid jika sewaktu-waktu diperlukan untuk terurai menjadi karbohidrat kembali. Proses ini dinamakan dengan Biosintesis Lipid atau Anabolisme Lipid.


Inilah bentuk kasar dari proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat. Glikolisis menghasilkan 2 ATP (lihat gambar diatas).


























GAMBAR: RINGKASAN METABOLISME KARBOHIDRAT






SUDAH MUMET? HEMMMMMM SEMANGAT HEHE

KATABOLISME DAN ANABOLISME LIPID ADA DIPART 2 YAAAA. KEPANJANGAN JUGA GAK BAGUS DILIATNYA......HEHE

Jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca.. :D




=====================================================
FOLLOW INSTAGRAM PENULIS: @khaliedrhomanthes
FOLLOW TWITTER PENULIS      : @KhalidRhomantes


4 komentar: