Kamis, 09 Juni 2016

TUBUHKU....PABRIK REAKSI KIMIA KU..... (PART 3)

Hellawww.... terimakasih telah mengunjungi blog ini.... Masih dengan postingan saya yang membahas tentang metabolisme biomolekul.. Kali ini saya akan mencoba memaparkan tentang metabolisme Protein. Namun, sebelum membaca postingan part 3 ini, alangkah baiknya scroll kebawah dan memulai membacanya dari part 1 jika belum membacanya yaaaaaa :D

SEBELUM MEMASUKI MATERI METABOLISME PROTEIN, MARI KITA LIHAT SIKLUS KREBS.

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Citric_acid_cycle_with_aconitate_2.svg

Siklus krebs atau disebut juga siklus asam sitrat (TCA) adalah tahapan lanjutan dari metabolisme biomolekul. Asetil Ko-A sebagai bahan awal dalam siklus krebs akan melewati siklus pembentukkan produk intermediet menjadi sitrat, isositrat, alfa-ketoglutarat, succinil CoA, succinate, fumarat, malat oksaloasetat dan kembali membentuk sitrat. Hasil yang didapatkan oleh siklus ini adalah energi berupa ATP yang dapat digunakan untuk aktivitas dan menghasilkan elektron carrier yaitu NADH dan FADH2 yang akan memasuki tahap akhir metabolisme yaitu fosforilasi oksidatif dan sintesis ATP. selain itu, siklus krebs akan menjadi pintu masuk bagi degradasi asam amino dan sebagai titik awal sintesis asam amino untuk membentuk protein.

METABOLISME PROTEIN
Protein merupakan sumber energi berikutnya yang terkandung didalam makanan. Protein yang berasal dari makanan-makanan yang kita makan mengandung asam-asam amino yang tidak didapat dibuat oleh tubuh. Sehingga, protein dipecah menjadi asam-asam amino penyusunnya untuk dicerna didalam tubuh dan menghasilkan energi tambahan setelah karbohidrat dan lipid.
a. KATABOLISME PROTEIN

Protein yang masuk kedalam tubuh dipecah didalam lambung menjadi asam-asam amino penyusunnya. Asam-asam amino tersebut akan berubah menjadi molekul-molekul penghasil energi dan zat sisa melalui jalur yang berbeda-beda. Sehingga ada 3 jenis asam amino berdasarkan jalur pemecahannya yaitu:

1. Asam Amino Glukogenik: asam amino yang ketika dipecah, menjadi produk yang akan masuk ke  jalur intermediet siklus asam sitrat

2. Asam Amino Ketogenik: asam amino yang ketika dipecah, menjadi produk yang akan masuk ke jalur intermediet pembentukkan asetil Ko-A, dan Asetoasetil Ko-A.

3. Asam Amino Glukoketogenik (campuran): asam amino yang masuk kejalur intermediet siklus asam sitrat, pembentukkan asetil Ko-A, dan asetoasetat.


Ketiga Asam Amino tersebut, akan mengalami prosesnya dengan melalui 4 tahapan yaitu:

1. Transaminasi
Asam amino glukogenik, ketogenik dan campuran akan dibereaksi dengan ketoglutarat membentuk produk intermediet dan glutamat. Produk intermediet nya tergantung dari masing-masing jalurnya.  Sementara, glutamat akan masuk ke tahap selanjutnya (Deaminasi).

Contoh:

Transaminasi Glukogenik:
Alanin + Ketoglutarat  <-----> piruvat (masuk ke siklus asam sitrat) + glutamat (deaminasi)

Transaminasi Ketogenik:
Leusin + Ketoglutarat  <-----> ketoisokaproat (berubah jadi asetil Ko-A) + glutamat (deaminasi)

Transaminasi Glukoketogenik 
Tirosin + Ketoglutarat <----> Hidroksifenilpiruvat + glutamat
  • Reaksinya berlangsung dengan bantuan enzim tirosin ketoglutarat transaminase dan piridoksal fosfat sebagai koenzim.
  • Reaksi asam P-Hidroksifenilpiruvat diubah menjadi asam fumarat dan asam asetoasetat.
  • Asam asetoasetat pada akhirnya diubah menjadi asetil KoA dan asam asetat.

2. Deaminasi

Glutamat hasil transaminasi akan masuk ketahap selanjutnya yaitu deaminasi. Glutamat akan bereaksi dengan NAD+ dan H2O membentuk alfa-ketoglutarat dan NH4+. Alfa-ketoglutarat adalah produk intermediet dari siklus asam sitrat (siklus krebs). Sedangkan NH4+ akan dibawa ketahap selanjutnya yaitu Siklus Urea.

Glutamat + NAD+ +H2O <-----> alfa-ketoglutarat +NH4+

3. Siklus Urea
NH4+ hasil deaminasi akan memasuki siklus urea yakni penyaringan zat sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh dan akan dibuang melalui urin oleh metabolisme urin didalam ginjal, dan dibuang melalui feses oleh metabolisme biomolekul dan keluar dari usus besar menuju rektum.

4. Siklus Krebs
Siklus Krebs atau biasa disebut juga dengan siklus asam sitrat adalah tahapan akhir pada katabolisme asam amino. Asam amino akan masuk melalui produk-produk intermediet siklus krebs sesuai jalur masuk dari masing-masing asam amino yang telah saya jelaskan diatas. Secara mudah, lihat gambar dibawah ini:




Sumber Gambar: http://popista.com/mnemonics-for-amino-acids/glucogenic-amino-acids-produce/102436


b. ANABOLISME PROTEIN
Protein dapat disintesis atau dibentuk melalui monomer-monomernya yaitu asam amino. Sintesis protein terjadi didalam ribosom pada proses translasi. Kodon pada RNAmessenger akan diterjemahkan oleh antikodon pada RNAtransfer yang membawa asam amino sehingga terbentuk ikatan peptida. Ikatan peptida antar asam amino akan memanjang dan menjadi protein. Protein hasil sintesis tersebut akan dibawa ke Badan Golgi untuk dirapihkan sekaligus disusun menjadi protein enzim dan hormon yang bermanfaat didalam proses metabolisme makhluk hidup (eukariotik). lalu, darimana asam amino tersebut?.....

sintesis asam amino dimulai dari produk intermediet siklus krebs/siklus asam sitrat yang akan secara spesifik membentuk asam amino sesuai jalur yang telah saya jelaskan diatas . (dalam hal ini, anabolisme protein adalah reaksi balik dari katabolisme protein diatas).

enzim juga berperan dalam mensintesis asam amino. Setiap asam amino memiliki enzim yang bekerja secara spesifik untuk mensintesis asam amino tersebut. Contoh: jika ingin mensintesis asam amino glutamin (Golongan Glukogenik), maka dimulai dari alfa-ketoglutarat (siklus krebs) lihat gambar diatas. dan enzim yang digunakan untuk mensintesis asam amino glutamin adalah glutamine sinthetase.


DEMIKIANLAH PENJELASAN TENTANG METABOLISME PROTEIN. JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DIBAWAH INI..... TERIMAKASIH.

PART 4 AKAN MENJELASKAN TENTANG FOSFORILASI OKSIDATIF DAN SINTESIS ATP...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar