Jumat, 10 Juni 2016

TUBUHKU....PABRIK REAKSI KIMIA KU..... (LAST PART)

Postingan kali ini adalah lanjutan dari ketiga postingan saya sebelumnya, masih tentang metabolisme biomolekul. Jadi, yuk, buat yang belum baca dari part 1, scroll dulu yuk sist, bruh. Wkwkwk. Soalnya postingan sebelum-sebelumnya berkaitan dengan postingan kali ini.. Terimakasih saaaay wqwqwqwq >,<

FOSFORILASI OKSIDATIF DAN SINTESIS ATP

Siklus Asam Sitrat atau Siklus Krebs telah menghasilkan ATP dan electron carrier berupa NADH dan FADH2. ATP digunakan sebagai energi untuk beraktivitas, serta electron carrier digunakan sebagai molekul pembawa elektron untuk masuk kejalur transport elektron atau fosforilasi oksidatif dan sintesis ATP. Fosforilasi oksidatif dan sintesis terjadi di membran matriks mitokondria.

a. Fosforilasi Oksidatif
Fosforilasi oksidatif merupakan transpor elektron yang berasal dari NADH dan FADH2 hasil siklus krebs dan beta oksidasi asam lemak. Elektron yang dibawa oleh NADH dan FADH2 akan melewati kompleks fosforilasi oksidatif. Adapun terdapat 4 kompleks yang menjadi destinasi perjalanan elektron tersebut diantaranya ialah sebagai berikut:
Sumber Gambar: Electron Transport Chain by VCells

  1. NADH dehydrogenase: tempat masuknya 2 elektron yang berasal dari 1 molekul NADH hasil siklus krebs.
  2. Cytochrome b-c1: tempat masuknya 2 elektron yang berasal dari FADH2 hasil siklus krebs dan beta oksidasi asam lemak.
  3. Cytochrome oxidase: tempat pembentukkan molekul air akibat reaksi dari 2 buah ion Hidrogen bereaksi dengan Oksigen dari membran dalam mitokondria membentuk H2O.
  4. ATP synthase: tempat sekaligus enzim yang berperan untuk sintesis ATP.
dalam perjalanannya, elektron berpindah dari kompleks 1 menuju kompleks 2 diangkut oleh Ubiquinone. Sedangkan, perpindahan elektron dari kompleks 2 menuju kompleks 3 diangkut oleh Cytochrome-C.

Berikut merupakan alur destinasi transpor elektron:
  1. NADH yang membawa 2 elektron masuk ke kompleks 1.
  2. Ubiquinone mengangkut elektron yang ada didalam kompleks 1 secara satu demi satu menuju kompleks 2.
  3. Setelah 2 elektron dari NADH sampai di kompleks 2, elektron dari FADH2 masuk melalui kompleks 2 ini. FADH membawa 2 elektron sehingga terdapat 4 elektron pada kompleks 2.
  4. Sebagian elektron pada kompleks 2 dilepaskan menuju membran luar mitokondria (High Concentration) berupa ion H+ untuk dipakai pembentukan molekul air serta sintesis ATP pada kompleks 4, dan sebagian elektron yang lain diangkut oleh Cytochrome-C menuju kompleks 3.
  5. Didalam kompleks 3, dua ion H+ dari membran konsentrasi tinggi berikatan dengan Oksigen dengan bantuan elektron yang masih tersisa didalam kompleks 3, sehingga membentuk H2O dan molekul air terdifusi kedalam membran mitokondria (Low Concentration).
  6. Terakhir, didalam kompleks 4 sudah tidak ada lagi elektron bebas yang masuk kedalam kompleks ini, melainkan hanya melibatkan ion H+ pada membran luar mitokondria untuk mensintesis ATP.

b. Sintesis ATP
ATP disintesis didalam kompleks 4 yaitu ATP synthase pada proses fosforilasi oksidatif. Tahapannya adalah sebagai berikut gans...

Sumber Gambar: ATP Synthesis by VCell
  1.  Enzim ATP Synthase diaktivasi oleh H+ pada membran luar mitokondria (High Concentration) yang menempel pada enzim ATP Synthase. 
  2. Serempak setelah enzim teraktivasi, ADP dan Pi menuju enzim tersebut dan menempel pada badan enzim ATP Synthase.
  3. Selanjutnya, ion H+ yang menempel pada enzim ATP Synthase keluar menuju membran dalam mitokondria (Low Concentration) bersamaan dengan terikatnya ADP dan Pi membentuk ATP.
  4. ATP yang telah terbentuk, terlepas dari enzim ATP Synthase
  5. Tahap 1 s.d 4 terjadi kembali.

ATP yang dihasilkan pada proses sintesis ATP ini, digunakan sebagai energi bagi makhluk hidup seperti manusia untuk beraktivitas.

Inilah hasil akhir dari metabolisme biomolekul didalam tubuh manusia. Energi yang terbentuk berasal dari proses metabolisme yang hanya terjadi dalam hitungan detik. Luar biasa bukan? Bersyukurlah Tuhan telah menciptakan tubuh kita dengan organ-organ yang sangat sempurna dan fungsional sehingga dapat melaksanakan metabolisme demi kelangsungan hidup kita.

*ingat, ini baru proses metabolisme melalui sistem pencernaan makanan, masih ada sistem-sistem lain nya didalam tubuh yang melibatkan reaksi kimia yang lebih kompleks dari ini. ;)

========================================
Jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca.... :) Terimakasih gans, sist, say. Wkwkwk.

2 komentar: